KAPAN SEBAIKNYA MEMBERIKAN GADGET PADA ANAK?

Sebelum kita membahas tentang hal di atas, saya mau membahas dulu tentang psikologi perkembangan manusia.

  • Sewaktu anak kita berusia 0-5 tahun, anak harus dekat dengan ibunya, untuk belajar tentang kelemahlembutan, kasih sayang, kesabaran, dan lainnya.
  • Sewaktu anak kita berusia 6-12 tahun, anak harus dekat dengan ayahnya, untuk belajar tentang kerja keras, tanggung jawab, arti dari kata tidak pernah menyerah, mempunyai tujuan hidup, dan lainnya.
  • Sewaktu anak kita berusia 13-18 tahun, anak harus dekat dengan teman-temannya dan gurunya, karena siapa teman-temannya dan siapa gurunya di tahap ini akan menentukan siapa mereka di tahapan selanjutnya.
  • Sewaktu anak kita berusia 18-25 tahun, anak harus dekat pacar atau pasangannya, karena siapa pacarnya di tahap ini akan menentukan siapa mereka di tahapan selanjutnya.

Kenapa saya membahas psikologi perkembangan manusia ini? Karena saat ini, banyak anak-anak yang lebih dekat dengan gadgetnya semenjak mereka balita bahkan dari batita. Semua yang mereka pelajari yang seharusnya dari orangtua mereka terlebih dahulu sebagai pondasi dari tahapan-tahapan di masa depan mereka kelak, malahan diambil alih oleh gadget mereka masing-masing. Oleh karena itulah, banyak orangtua yang sudah tidak lagi didengarkan oleh anak-anak mereka setiap kali memberikan nilai-nilai yang berguna untuk hidup mereka, dan lebih parahnya lagi, mereka bisa sambil lalu mendengarkan petuah orangtuanya tetapi mata dan tangannya tetap memegang gadget. Oleh karena itulah, ada baiknya jika kita semua sebagai orangtua mulai mengambil alih peran kita sebagai ibu dan ayah mereka sesuai dengan tahapan perkembangan diatas, tetapi bukan berarti pada saat anak kita berusia 0-5 tahun, ayah tidak perlu hadir, dan demikian pula dengan tahapan selanjutnya, mereka tetap membutuhkan sosok ayah dan ibu dalam kehidupan mereka. 

Kembali lagi ke laptop, kapan sebaiknya memberikan gadget pada anak? Jawabannya adalah ketika mereka sudah SIAP untuk memfilter semua informasi yang masuk ke dalam dunia mereka melalui gadget ini dan sudah tahu mana yang benar dan yang mana yang salah, yaitu pada saat mereka menginjak usia 14 tahun, karena di usia inilah mereka sudah masuk ke dalam tahapan pemikiran yang kritis asalkan mereka mengikuti tahapan psikologi perkembangan manusia yang sudah saya ceritakan diatas.

Semoga bermanfaat!

Salam Mantap,
Rudy Ng,
Founder & Master Trainer Rudy Ng Academy
www.RudyNgAcademy.com

Post by

Related Post!

Bagikan jika Anda rasa artikel ini bermanfaat
supaya banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Contact us!

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!
©2021 Rudy Ng Academy
Digital Marketing By Active Funnel
Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!