PERATURAN PENGGUNAAN GADGET, CARA MEMBUATNYA?

Ada banyak orangtua bertanya kepada saya, “Pak Rudy, bagaimana cara membuat peraturan penggunaan gadget ini kepada anak supaya mereka tidak ketagihan?

Nah, saya akan membongkar jawabannya sekarang juga, tapi yang menjadi pertanyaan saya adalah, Bapak/Ibu mau cara mudah atau cara susah?

Kalau Bapak/Ibu mau cara mudah, bisa juga, tapi akan susah dalam penerapannya,

lho kok bisa?

Yess Bapak/Ibu, cara mudahnya adalah langsung saja buat peraturan penggunaan gadget ini dan langsung ketok palu dalam grup Whatsapp keluarga, dijamin mereka akan memberontak, apalagi peraturan ini belum dibicarakan dengan pasangan dan Opa Oma (jika mereka tinggal bersama) karena kita akan dianggap sebagai sosok yang otoriter. Anak-anak jaman now selalu mau dilibatkan dalam kebijakan yang akan mempengaruhi hidupnya. Masuk akal ya?

Jadi bagaimana seharusnya, Pak Rudy?

Sebelum membuat peraturan penggunaan gadget ini, Bapak/Ibu perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  1. Peraturan yang dibuat bukan hanya untuk anak-anak Anda saja, tetapi berlaku untuk seluruh anggota keluarga termasuk orangtua. Pertanyaannya adalah apakah Bapak/Ibu sudah siap?

     

  2. Ajaklah pasangan Bapak/Ibu untuk membicarakan dulu tentang hal ini, karena orangtua harus kompak dulu sebelum mengadakan rapat keluarga.

     

  3. Setelah papa mama kompak dan sependapat, tantangan selanjutnya adalah meyakinkan Opa dan Oma (kalau tinggal bersama) untuk mendukung hal ini, karena biasanya Opa dan Oma lah yang selalu memanjakan cucu-cucunya dengan memperbolehkan apapun yang dilarang oleh orangtua. Betul?

     

  4. Setelah semuanya setuju dan kompak baru adakan meeting besar dengan semua anggota keluarga untuk membicarakan tentang hal ini. Dan akuilah bukan hanya anak-anak kita yang sudah ketagihan, tetapi kita pun sebagai orangtua sudah ketagihan juga. Benar kan ya Bapak/Ibu?

    Karena kita adalah contoh dan teladan bagi anak-anak kita. Jika kita boleh ketagihan, maka kenapa mereka nggak boleh? Masuk akal kan ya? Jadi persiapkanlah diri Bapak/Ibu semua untuk berpidato di depan seluruh anggota keluarga dengan mengatakan, “Kalau papa dan mama lihat, kita semua ini sudah masuk ke dalam ketagihan gadget, termasuk papa dan mama. Dari kita bangun sampai kita menutup mata untuk beristirahat, kita selalu memegang gadget, betul? Sehingga kita jarang sekali punya waktu dan mengobrol bersama setiap harinya, dan tanpa kita sadari, waktu berjalan begitu cepatnya, adik aja sekarang sudah besar, padahal perasaan baru kemarin lahirnya hehehehe… betul nggak sih? Sebentar lagi kakak juga akan pergi kuliah keluar kota, kapan kita bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, betul kan? Nah untuk itu papa dan mama mau kita semua berdiskusi bagaimana caranya kita semua bisa punya quality time setiap harinya minimal 1-2 jam saja untuk bercanda, mengobrol, dan lain-lain, setuju?

     

    Lalu biarkan semua anggota keluarga mencurahkan isi hatinya dan boleh memberikan ide tanpa kita potong lalu kita catat.
  5. Setelah proses brainstorming itu sudah selesai dilakukan, barulah kita masuk ke dalam tahapan pembuatan undang-undang yang akan segera berlaku (ini prosesnya sudah kayak UU CIPTAKER saja ya hahahaha… Ya memang begitulah seharusnya).

     

  6. Print peraturan yang sudah disepakati bersama tersebut, lalu tempel di kulkas, dan di tempat-tempat strategis lainnya dan sebarkan di grup Whatsapp keluarga dan diberi bintang.

     

  7. Taati peraturan tersebut dan sebisa mungkin jangan pernah memberikan toleransi untuk pelanggaran karena begitu satu melanggar dan diberi toleransi, maka kacaulah sudah.

     

  8. Untuk itu, buatlah kesepakatan bersama, jika ada anggota keluarga yang melanggar, apa hukumannya dan apa rewardnya jika semuanya bisa melakukannya dengan baik. Jadinya peraturan ini akan dibawa fun oleh semuanya.

Apakah Bapak/Ibu mau saya sharingkan contoh panduan peraturannya seperti apa sehingga mungkin saja ini bisa menjadi panduan Bapak/Ibu?

Kalau Bapak/Ibu mau, silahkan ketik MAU di comment ya… Kalau sudah cukup banyak yang mau, saya akan bahas di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat!

Salam Mantap,
Rudy Ng,
Founder & Master Trainer Rudy Ng Academy
www.RudyNgAcademy.com

Post by

Related Post!

Bagikan jika Anda rasa artikel ini bermanfaat
supaya banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Contact us!

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!
©2021 Rudy Ng Academy
Digital Marketing By Active Funnel

Name - City
Mendownload Product Time

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!