MOBILE LEGENDS, APA SIH DAMPAK POSITIF DAN NEGATIFNYA?

Saat ini game dan anak remaja adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Pasti ada saja game atau aplikasi yang sering dimainkan oleh anak kita, salah satunya adalah Mobile Legends. Daripada Bapak/Ibu marah-marah terus, mendingan kita coba kupas yah, apa sih dampak positif dan negatif dari Game Mobile Legends yang dimainkan oleh anak kita, supaya kita bisa masuk ke dunia anak kita dengan mudah karena kita tidak bisa melarang mereka untuk bermain game. Semakin dilarang semakin menjadi. Tapi kita sebagai orangtua bisa membatasi anak-anak kita untuk jangan sampai kecanduan.

Dampak Positif Mobile Legend

  • Melatih Kesabaran

    Dengan bermain game ini, anak kita mungkin dapat belajar untuk melatih kesabaran. Contoh kecil melatih kesabaran dengan game Mobile Legends adalah saat anak kita sedang asik bermain, tapi terganggu dengan koneksi internet yang sering terputus, maka bersabarlah.
  • Pantang Menyerah

    Anak kita pasti pernah mengalami saat dimana team anak kita dibantai habis oleh musuh kan? Disitulah anak kita akan belajar untuk menjadi orang yang pantang menyerah, sedikit demi sedikit berusaha mengembalikan keadaan.

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

    Saat-saat dimana anak kita dihadapkan dengan musuh di medan perang, disitulah anak kita akan berpikir dengan berbagai cara untuk menentukan kapan harus menyerang, kapan harus mundur dengan perhitungan yang matang.

Dampak Negatif Mobile Legend

  • Kesehatan Menurun

    Saat anak kita telah kecanduan game, secara tidak langsung anak kita akan selalu fokus bermain hingga menyita waktu istirahat khususnya tidur, selain itu juga waktu makan dan olahraga. Hal inilah yang selanjutnya akan berdampak buruk untuk kesehatan anak kita.
  • Waktu yang Terbuang

    Memang game dapat mengisi waktu luang anak kita yang mungkin membosankan, tapi disisi lain setelah anak kita kecanduan bermain game, waktu anak kita secara tidak sadar akan terbuang sia-sia. Misalnya saja waktu untuk bercengkerama bersama keluarga, atau orang-orang tersayang.
  • Gaming Disorder

    Gaming disorder adalah salah satu gangguan yang muncul akibat seseorang kecanduan terhadap game. Gangguan ini akan menghasilkan kerusakan yang cukup parah bagi pribadi, keluarga, hubungan sosial, pendidikan, pekerjaan, dan aspek penting lainnya. Dampak buruk ini kira-kira akan terjadi sedikitnya 12 bulan.

    Mungkin saat ini, angka penyebaran gaming disorder sendiri masih kecil jumlahnya, akan tetapi seiring bertambahnya waktu pengidapnya pun tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

Tak tanggung-tanggung, jika anak kita bermain game tanpa memperhatikan durasi waktu dan terus menerus menambah durasi tentunya akan mengganggu kesehatan fisik, psikologi, dan fungsi sosial anak kita.

Selain memberikan dampak positif, disisi lain dampak negatif bermain game pun juga tak kalah menakutkan. Ada baiknya bagi anak kita para pecinta game untuk lebih berhati-hati dan lebih bijaksana dalam menyikapinya.

Apakah Bapak/Ibu setuju dengan artikel diatas? Silahkan balas di comment ya…

Semoga bermanfaat!

Salam Mantap,
Rudy Ng,
Founder & Master Trainer Rudy Ng Academy
www.RudyNgAcademy.com

Post by

Related Post!

Bagikan jika Anda rasa artikel ini bermanfaat
supaya banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Contact us!

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!
©2021 Rudy Ng Academy
Digital Marketing By Active Funnel

Name - City
Mendownload Product Time

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!