ORANGTUA WAJIB TAHU : TAHAPAN ANAK KECANDUAN GADGET!

ANAK KITA DI TAHAP MANA?

Baca artikel sebelumnya  : CIRI-CIRI ANAK YANG SUDAH MASUK KE DALAM TAHAP KECANDUAN GADGET

Apakah Bapak/Ibu sudah merasa anaknya terlalu ‘attached’ dengan gadgetnya? Nah kalau begitu, jangan sampai anak kita masuk ke dalam tahap kecanduan gadget. Kalau anak kita masih bisa membagi waktunya dengan baik antara main gadget dengan aktivitas lainnya seperti makan, mandi, sekolah, dan membuat PR, berarti anak Anda masih dalam tahapan normal. Tapi jangan sampai juga anak-anak kita kebablasan, karena kalau kita biarkan, lama kelamaan anak kita akan masuk ke tahap selanjutnya, dimana kami sudah sering meng-coaching anak-anak yang sudah kecanduan gadget ini. Dan percayalah Bapak/Ibu, mencegah jauh lebih baik dan lebih mudah daripada mengobati. Jadi jangan sampai kebablasan ya…

4 Tahapan Anak Kecanduan Gadget :

  1. Biasa
    Di tahapan ini anak-anak kita belum terpapar dengan teknologi gadget, karena orangtuanya juga belum mengenalkan teknologi ini kepada anak-anaknya. Dan ini juga berlaku kepada anak-anak dari Steve Jobs dan anak-anak dari Bill Gates dan hal ini sudah sangat jarang sekali kita temui di anak-anak Indonesia, ya kan?

    Biasanya anak-anak di Indonesia sudah terpapar teknologi gadget ini pada saat umur balita bahkan batita. Sebagai informasi tambahan, jika mereka sudah terpapar dari mereka balita, hal ini akan menjadi sangat menantang pada saat mereka SD nanti.

  2. Normal
    Di tahapan ini, anak-anak kita sudah terpapar dengan teknologi gadget, tetapi masih dalam batas wajar/normal dimana mereka masih bisa membagi waktu mereka dengan baik antara gadget dengan aktivitas lainnya. Dan jika kita meminta mereka untuk menaruh gadgetnya, mereka akan langsung melakukannya tanpa harus memasang muka cemberut dan tantrum.
  3. Ketagihan
    Di tahapan ini, anak-anak kita sudah semakin ter-attached dengan gadgetnya, dimana mulai dari membuka mata di pagi hari sampai menutup mata di malam hari, gadgetnya selalu ada dalam genggaman mereka. Dan mereka sangat sering melihat ke gadget mereka seperti bermain game dan social media.

    Jika orangtua meminta mereka untuk melakukan aktivitas lainnya, mereka akan melakukan ‘gapatar’ atau gerakan apa-apa ntar hehehehe…

  4. Kecanduan
    Di tahapan ini, anak-anak kita sudah mulai tidak bisa membagi waktunya dengan baik, mereka baru akan tidur jam 12 atau jam 2 dini hari, sehingga mereka akan susah untuk bangun pagi, dan pada akhirnya mereka tidak bisa berkonsentrasi di sekolah dan banyak dari mereka yang pada akhirnya ketiduran di kelas dan mereka sering menyalahkan gurunya yang tidak bisa mengajar sehingga mereka ngantuk.
  5. Kecanduan Akut
    Di tahapan ini, anak-anak kita sudah seperti kalong, dimana siang menjadi malam, malam menjadi siang, dan mereka sudah mogok sekolah dan menolak untuk melakukan aktivitas lainnya, hanya mau bermain game dan gadget.

    Setiap kali orangtua mereka meminta mereka untuk berhenti bermain game, mereka akan mengamuk dan membanting-banting barang dan bahkan ada yang sudah berani memukul orangtuanya karena tidak diijinkan untuk bermain gadgetnya. Hal ini sudah sama seperti orang yang lagi ‘sakaw’ atau kecanduan narkoba, apapun akan dilakukannya untuk bisa mendapatkan apa yang dimau.

Nah Bapak/Ibu, dari narasi diatas coba cek, anak Anda ada di tahapan nomor berapa. Dan jika ada yang mau ditanyakan, tolong tulis di comment ya!

Semoga bermanfaat!

Salam Mantap,
Rudy Ng,
Founder & Master Trainer Rudy Ng Academy
www.RudyNgAcademy.com

Post by

Related Post!

Bagikan jika Anda rasa artikel ini bermanfaat
supaya banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Contact us!

Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!
©2021 Rudy Ng Academy
Digital Marketing By Active Funnel
Dapatkan tips parenting Gratis
supaya lebih nyambung dengan anak!
Silahkan isi email Anda untuk mendapatkan tips lainnya!